MOEHAMMAD ARIEF FURQON

 
ARSIP
BULAN
KALENDER
TIME
JADWAL SHALAT
KONVERSI TANGGAL
Date Conversion
Gregorian to Hijri
Hijri to Gregorian
Day :
Month :
Year
COUNTER
Anda adalah pengunjung yang ke-

link to florida web design page
POLLING HARI INI
LINKS
TEMAN
Menata Hidup, Merancang Masa Depan
17 Desember 2007
Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Membuat sebuah perencanaan hidup adalah sebuah hal yang sebaiknya dilakukan oleh setiap orang. Mengapa saya bilang 'sebaiknya' ? Karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk merancang hidupnya secara terencana untuk jangak waktu yang panjang, lima puluh tahun misalnya. Orang seperti ini biasa mengerjakan sesuatu sesuai dengan kejadian sesuai dengan kejadian yang ada. Hidupnya mengalir begitu saja. Di antara orang-orang seperti ini, ada juga orang yang sudah menentukan tujuan akhir hidupnya. Namun, cara untuk mencapai tujuan hidupnya tersebut tidak dapat ia buat secara lebih detil.



Saya termasuk orang-orang yang saya sebutkan di atas tadi. Saya telah memiliki tujuan akhir hidup saya, baik dalam segi ruhiyah maupun non ruhiyah walaupun belum semua aspek terpikirkan oleh saya. Di sekian banyak career path training yang saya ikuti, saya sering mendapatkan arahan untuk menuliskannya dalam langkah-langkah detil untuk lima puluh tahun yang akan datang, 25 tahun yang akan datang, dua puluh tahun yang akan datang, sepuluh tahun yang akan datang, 5 tahun yang akan datang, serta setahun ke depan. Pada bagian setahun ke depan, dijabarkan lagi menjadi agenda bulanan. Pada setiap bagian-bagian hidup saya tersebut, seharusnya saya memiliki hal yang baru saya dapatkan. Dengan demikian, saya akan mendapatkan hal-hal yang harus saya miliki pada saatnya saya mencapai tujuan hidup saya.

Namun sekali lagi, saya bukanlah seorang yang dapat melakukan hal-hal tersebut. Saat ini, saya bukanlah seorang konseptor jangka panjang yang baik. Saat ini saya hanya mampu untuk merancang hidup saya untuk beberapa bulan ke depan. Mengapa bisa begitu ya? Karena saya terkadang belum mampu membayangkan langkah detil yang harus saya lalui di tiap episode kehidupan tersebut.

Di akhir posting-an saya ini, saya minta tolong kepada para pembaca untuk membagi tips dengan saya tentang menata hidup dan merancang masa depan.

Tulisan ini saya posting ketika menunggu ujian statistika.
Terinspirasi dari sini.

Wassalam.
posted by Arief @ 08.34  
3 Comments:
  • At Senin, Desember 17, 2007 8:02:00 PM, Anonymous Anonim said…

    btul, rif! kita emang harus punya perencanaan hidup supaya hidup kita jadi terarah. gak cuma ngikutin arus mayoritas manusia. padahal kebanyakan arus tersebut menyesatkan. Allah sendiri tuh yg bilang di alquran, iya gak?

    nah... bikin perencanaan itu emang g gampang. ane dulu butuh waktu 6 bulan lebih utk bner2 bisa ngebuat rencana hidup sampe ke detil terkecil. Udah sering banget ane nyoba, tapi cuma berujuung dengan kebingungan mo nulis apa. tapi ane gak nyerah gitu aja. ane coba terus2an selama 6 bulan tersebut. dan percobaan2 itu malah jadi konowledge experience tambahan buat ane. ane juga sering2 baca2 buku begituan. hingga akhirnya pada suatu malan, ane rela ga tidur sama sekali utk bikin rencana hidup. ane cuma duduk diruang tamu ditemenein sama kertas gede dan pensil. disitu ane petakan hidup ane mulai dari ujung sampe ke ujung.

    saranane buat nt, jangan langsung meng-under estimatekan diri nt sendiri dengan mengatakan bahwa nt buakn seoarang konseptor yg pandai. coba terus dan banyak belajar dan tanya2 ke orang. Insya Allah nt bakal berhasil membuat peta hidup tersebut.

    setelah peta hidup tersebut jadi, ada satu hal lagi yg sulit utk dilakukan. gimana menginternalisasikan peta hidup itu dalam setiap langkah kita? itu yg masih ane coba terus sampe sekarang.

    mudahan kita bisa terus menjadi pribadi yg lebih baik dari hari ke hari. amiin

     
  • At Selasa, Desember 18, 2007 10:26:00 AM, Anonymous Anonim said…

    wah kita memang sebaiknya membuat rencana hidup Rif..
    gw pun berusaha untuk memikirkannya juga,,
    saran gw buatlah plan sebanyak mungkin buat menjaga segala kemungkinan yang ada,, toh seni kehidupan itu sangat variatif dan heterogen.. gw juga males sih kalo hidup mengalir kaya air..
    So let's make our plan...

     
  • At Selasa, Juli 19, 2011 9:25:00 PM, Anonymous Ringo said…

    udah 4 tahun setelah tulisan ini ditulis..gimana rief? planning2nya sudah sesuai target belum? keep spirit bro..:)

     
Posting Komentar
<< Home
 
PROFIL

Name: Arief
Home: Jakarta, Indonesia
About Me: Nama Lengkap : Moehammad Arief Furqon Nama Panggilan : Arief, Furqon Agama : Islam Tempat, Tanggal Lahir : Tegal, 17 Januari 1989 Golongan Darah : O Alamat : Jalan Kebon Pala I No.48 RT 07 RW 07, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur 13320 Alamat Email : afurqon@yahoo.com, m.arief61@yahoo.com No. HP: 08179171308 Pekerjaan: Mahasiswa Status: Lajang Pendidikan: TK Aisyiyah 27 (1995), SD Muhammadiyah III (2001), SMP Negeri 216 Jakarta (2004), SMA Negeri 8 Jakarta (2006), Fasilkom UI (2006)
See my complete profile
TAUSHIYAH HARI INI
Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu
(Q.S. Muhammad : 7)

Hidup di dunia hanya sekali, lakukan segala sesuatu hanya untuk menggapai ridho ilahi.

Banyak orang yang tidak pernah mengalami kegagalan karena memang mereka tidak pernah mencoba.

Kegagalan bukan saat kita terjatuh, tetapi pada saat kita tidak dapat bangkit setelah jatuh.

Tali yang paling kokoh adalah wala' (loyal) karena Allah, permusuhan karena Allah, cinta karena Allah, dan benci karena Allah. (Al-Hadist)

SHOUTBOX
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
TEST
Leaderboard
Create your own Friend Test here
STATUS YAHOO MESSENGER
PETA
IP ADDRESS